Selasa, 01 Januari 2013

0

Tugas Pendahuluan Praktikum Schizophyta


Nama/ Nim     : Windy Sahar/ 60300111070
Jurusan/ kelas           : Biologi/ B
Kelompok       : III (TIGA)

Soal
1.        Tuliskan 5 contoh bakteri dan 5 contoh ganggang hijau-biru!
2.      Apa perbedaan bakteri dan ganggang hijau-biru dilihat dari struktur organel selnya?
3.      Apa persamaan bakteri dan ganggang hijau-biru dilihat dari struktur membran inti selnya?
4.      Tuliskan manfaat simbiosis bagi bakteri, ganggang hijau-biru dan tumbuhan inangnya!

Jawaban
1.        *Lima contoh bakteri Schizophyta: Rhizobium leguminosarum, Escherichia coli, Lactobacilus garicus, Vibrio cholerae, Mycobac-terium tuberculosis, Shigella dysenterriae, Treponema pallidum, Diplococcus pneumoniae.
*Lima contoh ganggang hijau-biru Cyanophyceae: Chroococcus turgidus, Gleoeocapsa sanguinea, Oscillatoria, Nostoc, Anabaena cycadae, Anabaena azollae.
2.      Perbedaan bakteri dan ganggang hijau-biru dari struktur organel selnya.
Bakteri memiliki flagel untuk bergerak dan memiliki bentuk sel yang berbeda-beda seperti bentuk atrik, monotrik, amphitrik, lofotrik dan peritrik. Sedangkan pada ganggang hijau-biru tidak terdapat flagel untuk bergerak, kalaupun ada dia hanya meluncur pada alas yang basah.
3.      Persamaan bakteri dengan ganggang hijau biru adalah berkembang biak dengan membelah diri, tubuhnya terdiri atas satu sel (uniseluler), protoplasma belum terdifferensi dengan jelas sehingga inti belum tampak nyata begitu juga dengan plastida yang di kandung dan tidak memiliki membran inti karena bersifat prokariotik.
4.      Manfaat simbiosis bakteri, ganggang hijau biru dan inangnya. Simbiosis bakteri yang bermanfaat adalah Pseudomonas cocovenenans: asam bongkrek, toksoflavin. Lactobacillus bulgaricus: asam laktat, yogurt. Streptomyces aureofaciens: antibiotika tetrasiklin. Escherichia coli berperan dalam pembusukan sisa makanan dalam usus besar.
Manfaat ganggan hijau-biru adalah dari beberapa genus yang berasal dari familia Nostacaceae dapat mengikat N dari udara. Ada juga beberapa ganggang hijau biru yang dapat menciptakan terjadinya Blooms water, sehingga air menjadi berwarna.

0 komentar: